Sunday 25 November 2012

CONTOH PERILAKU KOMUNIKASI


Komunikasi dapat terjadi secara tatapmuka (konvensional) maupun bermedia (digital). Berikut adalah satu contoh masing-masing dari 9 perilaku komunikasi dalam konteks pembelajaran:
1A. Perilaku simtomatik yang tidak dipersepsi – Ketika presentasi di depan kelas, badan kita gemetaran karena gugup, namun tidak ada seorang pun yang melihatnya.
1B. Simtom yang dipersepsi secara insidental – Ketika presentasi di depan kelas, badan kita gemetar. Kemudian teman-teman menyadari bahwa badan kita gemetar karena gugup, walaupun sebelumnya mereka tidak memperhatikan.
1C. Simtom yang diperhatikan – Ketika presentasi di depan kelas, badan kita gemetar. Kemudian seorang teman yang berada paling dekat dengan kita bertanya, “kamu sepertinya gugup sekali ya.”
2A. Pesan nonverbal yang tidak diterima – Ketika kita ingin mengajukan pertanyaan kepada dosen, kita pasti terlebih dahulu mengacungkan tangan. Namun, tidak hanya kita yang mengacungkan tangan, banyak teman-teman yang lain yang mengacungkan tangan karena sama-sama ingin bertanya. Lalu dosen tidak menunjuk ke arah kita, melainkan ke arah salah satu teman kita yang mengacungkan tangan juga.
2B. Pesan nonverbal insidental – Ketika dosen sedang menjelaskan apa yang sedang dipelajari, lalu kita memiliki kesibukan sendiri. Namun, ketika dosen bertanya kepada kita, kita dapat menjawab apa yang dijelaskan tadi.
2C. Pesan nonverbal yang diperhatikan – Ketika kita ingin mengajukan pertanyaan kepada dosen, kita pasti terlebih dahulu mengacungkan tangan. Lalu dosen langsung menunjuk ke arah kita dan mempersilakan kita untuk bertanya.
3A. Pesan verbal yang tidak diterima – Ketika kita hendak mengirim tugas melalui email, dan pesan itu tidak terkirim karena adanya masalah dalam koneksi internet.
3B. Pesan verbal insidental – Ketika proses belajar sedang berlangsung di dalam kelas, ada salah satu di antara kita yang ‘nyeletuk’, namun seisi ruangan kelas tidak terlalu memperhatikannya.
3C. Pesan verbal yang diperhatikan – Ketika kita sedang presentasi di depan kelas bersama kelompok, lalu kelompok yang lain beserta dosen memperhatikan apa yang sedang kita presentasikan.



Dosen: Ibu Murti Kusuma Wirasty

No comments:

Post a Comment

Type Here

Twitter icon

https://twitter.com/saipulung

Loading..