Sunday 25 November 2012

SEMBILAN PERILAKU KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN



1.       Perilaku simtomatik yang tidak dipersepsi, contohnya Anda senyum dikelas namun tidak ada seorang pun yang melihat anda melakukan itu.

2.       Simtom yang dipersepsi secara insidental, contohnya Anda senyum, teman anda menyadari bahwa anda sedang senang meskipun ia tidak memperhatikannya tadi.

3.       Simtom yang diperhatikan, contohnya Anda senyum dan kawan anda berkata, ”Apa kau senang dengan saya?”

4.       Pesan nonverbal yang tidak diterima, contohnya Anda mengangkat tangan ketika ingin bertanya, namun dosen tidak melihat Anda.

5.       Pesan nonverbal insidental, contohnya Dosen kemudian berkata, “Maafkan saya tidak memperhatikan anda, tetapi saya sedang melihat yang lain dan tidak menyadari anda mengangkat tangan.

6.       Pesan nonverbal yang diperhatikan, contohnya Anda mengangkat tangan saat ingin bertanya, kemudian dosen mempersilahkan anda bertanya.

7.       Pesan verbal yang tidak diterima, contohnya Anda mengirimkan surat untuk izin tidak masuk kelas, namun surat anda hilang dalam perjalanan.

8.       Pesan verbal insidental, contohnya Guru menceramahi muridnya karena kelas mereka kotor, tetapi muridnya tidak begitu memperhatikannya.

9.       Pesan verbal yang diperhatikan, contohnya Dosen sedang menyampaikan tugas dan para mahasiswa mendengarkannya dengan baik.

Dosen: Ibu Murti Kusuma Wirasty

No comments:

Post a Comment

Type Here

Twitter icon

https://twitter.com/saipulung

Loading..